We have new forums at NiteshKothari.com
TopBottom
Announcement: wanna exchange links? contact me at clwolvi@gmail.com.

Menjual Iklan Pada Blog yang Sepi

Posted by terapipayudara at Wednesday, September 26, 2007
Share this post:
Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Yahoo Furl Technorati Reddit


Di belantara blog, mungkin blog kita terasing, sepi dan pucat pasi. Pengunjung yang minim bikin kita malas posting lagi. Kalau diperhatikan, banyak tips dari blogger senior tentang manghsilkan dollar leswat berbagai program ads atau iklan. Tapi, tips itu ditujukan buat blog yang traffick tinggi, SEO yang tajam atau pageview yang melimpah. Buat blogger yang masih sepi, pemula, tidak paham ilmu marketing, tidak perlu putus asa. Tetap semangat dan coba simak tips berikut ini:



Langkah 1 Menjual Iklan Pada Blog Kamu: Ciptakan sebuah Ruang!


Yang pertama kamu lakukan adalah menciptakan ruang pada blog untuk beberapa iklan. Mungkin bisa sekitar 2-4 spot iklan pada bagian atas sisi kanan blog. Pilih sebuah unit iklan standar seperti ukuran 125x125 dan letakkan di ruang kosong tadi.

Langkah 2 Menjual Iklan Pada Blog Kamu: Jelaskan Jatidirimu!
Sekarang bangun sebuah halaman pada blog untuk diskusi tentang peringkat iklan. Bisa anda masukan status trafik, meski pun masih rendah dan tulis juga sebuah paragraf tentang blog konsep blog kamu dan alasan kenapa orang membaca artikel-artikel yang telah kamu buat, dan siapa saja kalangan yang membacanya. Kalangan advertiser (pengiklan) tentu saja ingin tahu target market mereka di blog kamu.

Langkah 3 Menjual Iklan Pada Blog Kamu: Mengenali Pengiklan!

Berikutnya adalah mengidentifikasi beberapa pengiklan yang ingin kita kejar. Berkunjunglah ke banyak blog terkenal yang konsepnya mirip dengan kamu dan lihat apa saja jenis iklan di sana. Sebagai contoh, jika saya menulis tentang blog tech, saya akan mengintip ke blog Techcrunch.com dan lihat siapa yang membeli iklan di sana. Buatlah daftar 10 pengusaha top untuk dilobi.

Langkah 4 Menjual Iklan Pada Blog Kamu: Gandeng Mereka!
Kirimkan email, atau bila perlu telepon perusahaan dan bilang kepada mereka bahwa kamu memberi banner gratis pada blog kamu selama 3 bulan. Mereka cuma hanya mengirimkan konsep iklan seukuran 125x125 dan kamu pasang saat itu juga i blog.
Tentu saja, anda lampirkan data-data tentang halaman blog seperti traffick, unique visitors, pageview dan sebagainya. Jelaskan dengan jujur bahwa blog anda sedang menuju ke arah yang bagus, meski saat itu blog anda masih sepi. Katakan bahwa blog kamu berkonsep bagus dan potensial untuk pelanggan produk mereka.

Langkah 5 Menjual Iklan Pada Blog Kamu: Penentuan Harga!
Menjelang 3 bulan masa gratis, kamu kirimkan ke perusahaan pengiklan sebuah ringkasan laporan. Buatlah penawaran harga. Tawarkan jika mereka masih ingin tetap memasang banner pada blog kamu yang masih sepi dengan harga yang cukup murah. Coba pasang harga $100 sebulan atau kurang dari itu, terserah kamu. Jika salah satu pengiklan tertarik, kamu telah berhasil menghasilkan $1200 setahun. Sebuah prestasi!

Kesimpulan: Tips ini tentu saja harus dijalani dengan kesungguhan dan kerja keras. Yang penting kamu harus mencoba.

Labels:

2 comments:

Andri Faisal said...

biasanya khan kalau perusahaan akan mencari blog yang sesuai dengan usahanya. yang saya tanyakan perusahaan jenis apa yang senang mengiklankan produknya ke blog. Apakah perusahaan makanan, otomatif dan lain sebagainya?

Post a Comment